Geopolitical Map

Kalimantan Barat, Jalur Sutra Perdagangan Manusia

Geopolitical Map IMuNe
Edisi 01/ Agustus 2019

Secara geografis, Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Laut China Selatan (laut) dan juga Sarawak, Malaysia Timur (darat). Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang adalah kota pesisir utara Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, yang menjadikan Singkawang sebagai salah satu daerah di Indonesia yang banyak dihuni warga etnis Tionghoa.

Terbaca polanya bahwa modus human trafficking di Kalimantan Barat: “… di Singkawang adalah pengantin pesanan. Agak berbeda sedikit dengan Kabupaten Sambas modusnya adalah perdagangan TKI/ TKW karena ada jalan tikus (ke Malaysia).” (Rosita Nengsih, Direktur LKBH PEKA, 2017).

Singkawang juga dinobatkan menjadi kota di Indonesia yang paling toleran versi SETARA Institute, dan saat ini Singkawang – dengan investor China PT UN Global Village tengah membangun dirinya menjadi Smart City yang ditandai dengan pembangunan pelabuhan internasional Kijing serta rencana pembangunan tol Pontianak – Singkawang. Walikota Singkawang sendiri yang menyambut secara resmi dan terbuka kehadiran korporasi China UN Global Village untuk berinvestasi di Kota Singkawang.

Lalu apa hubungannya investasi pembangunan oleh China dengan kasus human trafficking? Jelas berhubungan erat karena dunia makin terkoneksi dengan Tiongkok baik dari darat, udara maupun lautan. Transportasi murah dan infrastruktur mudah membuat kaum Muslimah yang merupakan kehormatan umat kini lebih mudah ‘dijamah’ oleh tangan-tangan kapitalis Timur. Negeri-negeri Muslim telah semakin terkoneksi dengan China, sekaligus terkoneksi dengan problem sosial mereka!

Semua faktor-faktor kompleks di atas akhirnya membawa dampak mengerikan terhadap dunia Islam. Umat semakin mudah dijarah dan dijamah. Astaghfirullah. Hegemoni kapitalis itu satu paket, mereka menjarah SDA kita, menjamah SDM (perempuan) kita, sekaligus melemahkan identitas kita sebagai Muslim Kaffah.

Fika Komara
CEO Institut Muslimah Negarawan

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *