Geopolitical Trip

Karimata Geopolitical Trip Edisi Bangka-Belitung : Pangkal Pinang

Program berwawasan Geopolitik Islam, travelling ke provinsi strategis di sekitar Selat Karimata, menginspirasi aktivis Muslimah dengan pemikiran geopolitik Islam.

Yuk…! intip rangkaian programnya di ibukota Bangka Belitung:

💡FGD Aktivis Karimata : 26 Mei 2018
💡Bedah buku Muslimah Negarawan: 27 Mei 2018
💡Workshop Muslimah Timur Jauh: 25 Mei 2018
🔖Karimata Connected: 28-29 Mei 2018

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Babel memiliki banyak selat-selat yang mengelilinginya, yang terbesar tentu adalah Selat Karimata di sebelah Timur Belitung. Lalu ada Selat Bangka yang memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, juga Selat Gaspar yang memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan.

Pilot study selat Karimata ini bertujuan membaca keterkaitan postur geostrategis (baik perhubungan, perdagangan maritim, hubungan internasional, dan aspek militer/ pertahanan) dengan kesadaran geopolitik masyarakat yang berdomisili di ibukota provinsi-provinsi Selat Karimata. Termasuk dengan aspek sejarah dan sosial budaya sebagai faktor pendukungnya. Bismillahirrohmaanirrohiim ❤

©Institut Muslimah Negarawan 2018

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *