Geopolitical Trip

Karimata Geopolitical Trip – Kalimantan Barat

Edisi Kalimantan Barat – Pontianak

Program berwawasan Geopolitik Islam, travelling ke provinsi strategis di sekitar Selat Karimata, menginspirasi aktivis Muslimah dengan pemikiran geopolitik Islam.

Yuk…! intip rangkaian programnya di ibukota Kalimantan Barat:

💡FGD Aktivis Karimata : 4 Mei 2018
💡Bedah buku Muslimah Negarawan: 5 Mei 2018
💡Workshop Muslimah Timur Jauh: 6 Mei 2018
🔖Karimata Connected: 7-8 Mei 2018

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Antara Kalbar dan Sarawak telah terbuka jalan darat antar negara Pontianak – Entikong – Kuching (Sarawak, Malaysia) sepanjang sekitar 400 km dan dapat ditempuh sekitar enam sampai delapan jam perjalanan. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Pilot study selat Karimata ini bertujuan membaca keterkaitan postur geostrategis (baik perhubungan, perdagangan maritim, hubungan internasional, dan aspek militer/ pertahanan) dengan kesadaran geopolitik masyarakat yang berdomisili di ibukota provinsi-provinsi Selat Karimata. Termasuk dengan aspek sejarah dan sosial budaya sebagai faktor pendukungnya. Bismillahirrohmaanirrohiim ❤️

©Institut Muslimah Negarawan 2018

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *