“Pemilu adalah bisnis besar” (Nanjala Nyabola – analis politik dan penulis buku Digital Democracy, Analogue Politics )

Menjelang agenda Pemilu 2024 media menyuguhkan banyak analisa elektabilitas kandidat. Berbagai lembaga survey mulai bekerja menyokong para kandidat yang menggunakan jasanya. Tim sukses juga mulai melakukan ancang-ancang start untuk memperkenalkan kandidat yang diangkat. Para parpol tentunya sangat sibuk menyiapkan semuanya, termasuk berbagai lobi-lobi politik dan strategi koalisi demi pemenangan kandidat yang dicalonkan. Tim sukses, konsultan politik, dan lembaga survey sudah bukan rahasia lagi menjadi bisnis yang menggiurkan menjelang Pemilu. Tentu saja, para kandidat dan Parpol membutuhkan jasa mereka untuk ‘mendekatkan’ diri kepada masyarakat dimana suara mereka akan sangat menentukan. Melalui strategi kampanye masif, pencitraan media, komunikasi yang intens terutama melalui media sosial, dan ‘perang’ keunggulan hasil survey dari masing-masing lembaga survey. Maka tidak heran ketika banyak pakar politik yang menyatakan ‘Pemilu adalah bisnis besar’. Bisnis menggoalkan agenda masing-masing Parpol melalui para kandidatnya.

Berikut Infografis seri 1 tahun 2022 oleh Departemen Media dan Dakwah Digital IMuNe tentang Industri Politik yang memuat informasi dari beberapa sumber bagaimana bisnis timses, konsultan politik hingga lembaga survey yang menyokong citra kandidat sebuah Parpol.





0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *